Pages

Kamis, 20 Desember 2012

MANFAATKAN SEKITARMU DENGAN HERBARIUM


        Indonesia merupakan salah satu penyumbang oksigen terbesar di dunia. Kenapa? Karena Indonesia adalah salah satu negara dengan tumbuhan yang banyak dan beraneka ragam. Apa hal ini masih berlaku untuk sekarang?? Mungkin kita ragu menjawabnya apalagi jika melihat kondisi Indonesia sekarang ini.
         Zaman sudah berubah, era sudah berganti, saat ini Indonesia lebih senang dengan kehidupan perkotaan dan industrisasi. Hutan habis untuk kepentingan manusia. Belum lagi sekarang barang-barang sintetis seperti menjadi tren, padahal sedikit demi sedikit hal itu merusak lingkungan dan tinggal kita menunggu saja kapan kerusakan lingkungan akan sangat berdampak pada manusia. Kita diberi akal untuk berpikir tidak untuk kepuasan saat ini tapi juga untuk kepentingan yang akan datang. Jika kita benar-benar sadar ini adalah saatnya era Indonesia berubah menjadi era kembali kepada alam atau sering juga disebut “Back to Nature”.
        Tak usah berpikir terlalu jauh untuk kegiatan kembali ke alam. Kita hanya perlu melihat apa yang ada di sekitar kita. Misalnya saja apa yang sering kita abaikan selama ini yaitu daun-daun yang jatuh di tanah. Sebenarnya hal itu bisa kita manfaatkan untuk menjadi suatu barang yang bermanfaat. Apalagi dengan adanya tekhnik herbarium, yang bisa membuat spesimen tumbuhan menjadi awet dan terlihat lebih artistik.
Pengertian herbarium sendiri merupakan suatu spesimen dari bahan tumbuhan yang telah dimatikan dan diawetkan melalui metode tertentu. Dengan adanya metode ini sampah yang berupa dedaunan, ranting atau bunga yang biasanya dibakar oleh masyarakat karena dianggap sampah dapat dijadikan barang yang bernilai seni dan tentunya menghasilkan uang.
       Bagaimana mengaplikasikannya? Kita dapat mengaplikasikannya pada kertas seperti yang biasa dilakukan pada teknik herbarium dan selanjutnya bisa diaplikasikan menjadi berbagai benda seperti misalnya menjadi sebuah buku.
Dengan kreatifitas kita juga dapat mengaplikasikan herbarium pada benda-benda yang umum digunakan masyarakat seperti pada tas, dompet, tempat pensil, atau bahkan kap lampu. Dengan sedikit kreatifitas hal yang biasa saja atau bahkan dianggap sampah dapat pula dijadikan benda yang sangat bernilai.
       Selain itu dengan adanya teknik herbarium kita juga bisa membuat suatu produk pengenalan spesies tumbuhan kepada masyarakat sehingga lebih banyak masyarakat ingin lebih tau mengenai tumbuhan di sekitarnya. Dengan demikian tidak hanya kita saja yang ikut melestarikan tapi masyarakat pun bisa ikut serta didalamnya. 

Author : Fitri Kamilawati -Forgift Ranger 2012-

©Forgiftbai


1 komentar: