Pages

Kamis, 14 Februari 2013

Kayu afrika


KLASIFIKASI
Kingdom            Plantae
Subkingdom       Trakheophyta
Superdivisio        Magnoliophyta  
Kelas                  Magnoliopsida
Subkelas             Rosidae
Ordo                   Rhamnales
Familia                Rhaminaceae 
Genus                  Maesopsis
Species                Maesopsis eminii Engl



       Kayu afrika (Maesopsis eminii Engl.) adalah sejenis pohon kayu yang habitat aslinya di Afrika, tetapi ada juga di Indonesia, yakni Lampung Barat. Pohon ini memiliki diameter 30-60 cm.
       Kayu ini adalah tipe kayu yang pertumbuhannya bisa dibilang bagus sebab kualitasnya adalah kelas awet V dan kelas kuat III/IV. Ciri-ciri yang dimiliki Kayu afrika ini adalah bertekstur kasar dan tembus zat-zat cair . Kayu ini bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan dan perabotan (Nugraha,1998). Jenis kayu ini dapat awet bila tidak kontak dengan air secara terus menerus.
       Akan tetapi, kelemahan dari kayu ini adalah membutuhkan waktu yang lama untuk berkecambah. Selain itu, benih ini dalam 15-25 hari akan berkecambah setelah selesai masa dormansinya (Nugraha,1998). Masa dormansi kayu ini adalah 2-7 bulan dan daya kecambah yang tergolong lambat (Hayragen dan Bowyer,1993). Selain itu juga, perkecambahan benih kayu afrika bukan disebabkan oleh faktor cahaya, tetapi faktor kelembaban selama delapan puluh hari saat awal perkecambahan.

4 komentar: