Pages

Kamis, 14 Februari 2013

Pohon Dinamit



Pohon dinamit / Buah roda

Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
H. crepitans
Hura crepitans
L.




            Hura crepitans.L merupakan salah satu jenis dari suku Euphorbiaceae. Jenis ini disebut dengan buah  roda karena buahnya mirip dengan roda. Tumbuhan ini di jawa tengah dan jawa timur disebut kuku macan karena pada buahnya terdapat sekat-sekat yang mirip kuku harimau. Buah roda biasanya ditanam di pinggir-pinggir jalan sebagai tanaman peneduh,tanaman hias dan tanaman obat.
Ciri Morfologi
            Tanaman ini berupa pohon berperawakan besar, bergetah putih susu, lebar tajuk kurang lebih 10 m,berbatang lurus,batang berduri rapat,tinggi hingga 20 m.Daun tunggal, bertangkai, berbentuk jantung,tepi daun bergerigi,kelompok bunga jantan terpisah dengan bunga betina buah berbentuk bulat seperti roda,beralurdi bagian luarnya. Buah tua biasanya akan pecah, biji terlepas dan jatuh.
Daerah penyebaran dan tempat tumbuh
            Berasal dari Amerika. Daerah penyebarannya mulai dari Asia sampai Indonesia. Jenis ini tumbuh baik di tanah liat berpasir dengan intensitas  sinar matahari penuh , pada daerah dengan ketinggian 0-400 m diatas permukaan laut. Sesuai dengan sifat hidupnya yang menyukai daerah lempung berpasir, jenis ini banyak ditemukan di daerah pantai.
Keistimewaan
            Pohon Dinamit (Hura crepitan) merupakan tumbuhan dari hutan Amazon. Bentuk dan karakteristik Pohon Dinamit membuatnya dijuluki sebagai Pohon Neraka. Julukan lain untuk pohon ini adalah Pohon Kotak Pasir. Duri tajam menutupi sekujur batang pohon ini. Keunikan lain dari pohon ini adalah getahnya yang beracun. Oleh penduduk setempat, getah pohon ini digunakan untuk meracuni mata panah.
            Yang paling khas dari tumbuhan ini adalah buahnya. Ketika telah matang, buah tumbuhan ini akan meledak dengan daya ledak yang dapat melukai manusia atau hewan yang ada di dekatnya.


Manfaat
            Buah roda mempunyai kegunaan sebagai obat,di jawa buahnya yg sudah dibuat bubuk atau dilembutkan biasanya digunakan untuk mengobati puruh yang menahun. Di yogyakarta dan solo biji yang di bakar setengah matang di kupas atau di bentuk pil dicampur dengan madu sebagai bahan pencahar. Kegunaan lain di Hawai kayu buah roda digunakan sebagai bahan bangunan dan kotak kemasan. Kulit batang yang dimemarkan dan getah kayu digunakan sebagai racun ikan. Di Baturaja, Prabumulih, sampai Palembang di Propinsi Sumatera Selatan, buah roda dijadikan tanaman peneduh di sepanjang jalan utama. Sedangkan kalau di Jawa umum ditanam sebagai tanaman hias.
Getah yang beracun
            Getah tanaman ini berwarna putih dan beracun. Harap berhati-hati dalam menggunakan getah ini, karena akan sangat berbahaya bila mengenai mata. Namun apabila keracunan getah ini digunakan susu dan gula yang dicucikan kemuka sebagai penawarnya.
Perbanyakan
            Dapat diperbanyak dengan cara menanam bijinya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar