Pages

Kamis, 14 Februari 2013

Syzygium jambos (L.) Alston




Klasifikasi
Kingdom         Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom    Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi     Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi               Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas               Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas        Rosidae
Ordo                Myrtales
Famili               Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus              Syzygium
Spesies            Syzygium jambos (L.) Alston

Nama umum
Indonesia   : Jambu mawar, jambu kraton
Inggris        : Jambos, Malabar plum
Melayu       : Jambu Kelampok, Jambu Mawer
Vietnam     : Ly, Bo Dao, Roi
Thailand     : Chomphu Nam Dok Mai
Philipina     : Tampoi, Bunlaun, Yambo

Sinonim
Eugenia jambos L.
Caryophyllus jambos Stokes
Jambosa jambos Millsp.
Jambosa vulgaris DC


Kategori 
Buah-buahan

Deskripsi
Pohon, tinggi mencapai 10 m dengan garis tengah batang 50 cm, sering kali percabangannya rendah dan bertajuk padat. Batang menggalah dan waktu masih muda bersegi empat; kulit batang halus dan beralur, coklat. Daun berhadapan, lonjong melanset, panjang 9 - 26 cm dan lebar 1,5 - 6 cm, menjangat tipis, pangkal membaji, ujung lancip, permukaan daun atas hijau gelap dan bagian bawah hijau terang. Perbungaan terminal dan aksiler, bergundung dengan 4 - 10 bunga; bunga putih sampai putih kehijauan, kelopak terdiri atas 4 cuping, mahkota juga terdiri atas 4 cuping dan berwarna putih sampai putih kehijauan, benang sari sekitar 400, panjang tangkai putik sampai 4 cm. Buah bani, bulat sampai bulat telur, bergaris tengah 2,5 - 5 cm, kelopak dan tangkai putik tetap melekat dibagian ujung, kuning keputihan, wangi; perikarp lunak, kuning pink. Biji 1 - 4, agak bulat, coklat, poliembrionik.

Habitat
Jambu mawar merupakan pohon tropika dan kemudian menyeberangi ke daerah subtropika. Pohon ini cocok tumbuh di daerah dengan ketinggian sekitar 1200 m dpl. Tanaman mudanya membutuhkan naungan dan lingkungan yang lembab. Pohon ini menyukai suatu iklim yang agak basah tetapi juga tumbuh di daerah beriklim monsun dan toleran terhadap angin dan garam. Dapat tumbuh pada berbagai tipe tanah dan pH tanah yang direkomendasikan adalah 5,5 - 7.

Distribusi / Penyebaran
Jambu mawar berasal dari kawasan Asia Tenggara dan sebagai pusat asal usulnya adalah Malaysia dan kemudian menyebar ke daerah tropika lainnya.

Perbanyakan
Cara perbanyakan yang umumnya dilakukan adalah dengan bijinya, walaupun dapat juga diperbanyak dengan cangkok dan pertunasan.

Manfaat Tumbuhan
Buah segar enak dimakan dan rasanya manis dan agak tawar. Selain itu juga apabila dilakukan distilasi akan menghasilkan air mawar yang sama dengan yang diperoleh dari bunga mawar. Minyak esensial berwarna kuning yang diperoleh dari distilasi daun sangat penting untuk industri parfum. Teras kayunya yang berat dan keras cocok untuk dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi, tetapi kayunya mudah diserang rayap. Kulit batangnya mengandung tanin yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna. Pohon Jambu mawar juga bagus untuk tanaman hias.


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar